CARA JUALAN LARIS MANIS di FACEBOOK

Mau tau CARA PROMOSI YANG EFEKTIF di FACEBOOK? Mau dagangannya laris manis dengan mudah? Jangan lewatkan untung besar di depan mata…!!
Mesin Percetakan fanpage facebook
Berikut cara ampuh jualan laris manis di Facebook…
Media sosial Facebook yang anda jadikan sebagai sarana utama penjualan barang dagangan, entah itu JUAL MESIN PERCETAKAN, JUAL MOBIL, JUAL RUMAH, JUAL BUAH, JUAL HP, dll – tentunya kondisi di bawah ini mungkin sering kali anda alami:
  1. Rajin posting barang dagangan di Facebook, tapi gak direspons…
  2. Berapa harganya? 1M? 100 jeti? 300 rebu? …atau cuma Gocengan?
  3. Jarang laku dagangannya, bahkan GAK PERNAH…?!?
  4. Sering ditanya harga sama calon pembeli, TAPI GAK ADA BUYING ACTION!
  5. Males ngeladeni customer karena sering ditawar sadiiizzz…
  6. Takut barang dagangannya diserobot teman…?!?
  7. de el el…

Hadeeuuuhh…, mau tobat aja deh promo barang di medsos…!!!

Mesin Percetakan fanpage facebook

Mesin Percetakan fanpage facebook

 

Well…,
Jika point-point diatas seringkali anda derita, sudah dapat dipastikan cara jualan alias CARA PROMOSI Anda TIDAK PROFESIONAL. Anda memerlukan strategi marketing yang efektif, agar jualan barang dagangan anda laris manis laku keras di Facebook…

Aaahh, masa sih…! Kenapa yaa..?!?

Nah…, simak ilmunya nih dan coba anda praktekkan cara dagang yang efektif di Facebook berikut ini…

#7 CARA PROMOSI PALING EFEKTIF di FACEBOOK

1. Membangun Audience

Teman-teman anda di dumay (dunia maya), baik itu followers, kontak Whatsapps, email  atau networking online sosial media adalah pasar potensial target penjualan anda. Carilah teman dumay sebanyak mungkin, tapi usahakan agak selektif ya, jangan asal main invite aja nama yang terbaca rada alay atau cuma pakai foto asal nyeleneh…

Jagalah dan arsipkan data networking tsb sebagaimana anda menjaga dompet anda dengan menyimpannya secara aman, agar mudah diakses setiap saat.

2. Buatlah FAN PAGE Facebook yang terencana, lengkap dan jelas

FAN PAGE Facebook adalah etalase barang dagangan anda di dumay (dunia maya) yang menyajikan semua jenis barang dagangan yang anda jual atau layanan jasa yang anda garap yang dipasarkan secara online.

Fan page Facebook berisi halaman khusus layaknya blog yang menyediakan informasi yang beragam sesuai dengan keinginan anda, mulai dari jualan barang dagangan, informasi perusahaan, pendidikan, jasa layanan, produk fisik, komunitas dan sebagainya.

Apa manfaat Fanpage  Facebook untuk bisnis online? Manfaat Fan Page Facebook adalah untuk mengumpulkan prospek (fans, komunitas, calon pembeli) sebanyak-banyaknya dan kemudian mengirimi pesan-pesan marketing untuk menghasilkan penjualan.

Dengan semakin banyaknya jumlah Fans / penggemar halaman / page facebook anda, maka akan semakin besar pula peluang anda mendapatkan uang.

3. Manfaatkan Komunitas sebagai magnet promosi

Mendorong interaksi pembaca dan melakukan diskusi grup adalah cara yang bagus untuk menarik orang ke dalam “lingkaran” anda dan mengubah mereka menjadi pendukung sebagai akibat dari keterikatan emosi dan pertemanan yang anda bina.

Ada banyak cara untuk mengembangkan komunitas seputar PAGE FB anda. Namun ingat: Apa yang dilakukan ini bukan untuk meningkatkan jumlah komentar atau aktivitas LIKE belaka. Ini adalah tentang membangun hubungan yang lebih akrab dan akan mengangkat martabat konten anda karena mereka menyukai pribadi atau blog yang berkualitas milik anda.

4. Cara Berkomunikasi yang Baik

Cara berkomunikasi yang kuat secara karakter dengan tutur bahasa yang baik adalah cerminan siapakah diri anda sesungguhnya. Seorang penjual dapat dinilai level bonafidnya, yakni tersirat dari caranya dia menawarkan jasa pekerjaannya atau barang dagangannya.

Sekali anda posting barang dagangan di Facebook, saat itu juga anda sadar harus bertanggung jawab dengan postingan tsb. Maksudnya, perlu perhatian secara ekstra untuk menjawab segala hal tentang produk yang anda tawarkan, berinteraksi sesegera mungkin kapan dan dimanapun, tanpa batasan ruang dan waktu.

Respon menjawab pertanyaan juga mempengaruhi minat beli seseorang. Ingat, jangan pakai kata-kata sanjungan ini: “Boss”, “Gan”, “Bro”, dan levelannya. Jika anda sering atau terbiasa menggunakan kata2 tsb, berarti anda sudah meremehkan bonafiditas diri anda sendiri!

Aktifkan selalu sarana komunikasi yang anda miliki: ponsel (Whatsapps, sms), email, website/blog, dll. Pantaulah selalu dan segera reply segala pertanyaan konsumen secepat mungkin. Jangan slow respons ya, karena bisa membuat konsumen merasa sebal karena terlalu lama menunggu informasi dari anda. Hal ini bisa menurunkan kredibilitas anda sebagai penjual yang terpercaya.

Ada sebagian besar netizen yang bisnis online di Facebook yang tidak menghidupkan fitur Messenger Facebook dengan beragam alasan. Mereka beralasan: BOROS QUOTA internet, lebih sering php (pemberi harapan palsu!) daripada terjadinya konversi ke arah pembelian, dll alasannya.

Ada benarnya juga sih. Jika anda chat via FB Messenger, anda tidak dapat (sulit) memprospek calon customer menjadi buyer yang potensial untuk membeli barang dagangan anda.

Lain halnya jika customer tsb menghubungi anda via aplikasi Whatsapp (WA), sudah otomatis nomor hp anda tersimpan di memorinya. Mungkin kali pertama kontak belum melakukan pembelian, hari esoknya kemungkinan besar akan terjadi closing transaksi pembelian. Peluangnya akan semakin besar karena nomor kontak kita telah terekam di telepon selulernya!

5. Copywriting yang bagus

Cara bermain susunan kata dalam promosi jualan barang punya teknik tersendiri demi memikat minat beli konsumen, copywriting istilahnya.

Boleh pakai bahasa tingkat dewa, tapi jangan terlalu lebay dan jangan bohong tentang data produk anda, karena justru membuat calon buyer Anda lari dan meragukan kualitas produk/ jasa Anda sekaligus merusak reputasi Anda dalam jangka panjang.

Jika memang Anda mengklaim pengalaman dan manfaat atas produk anda, jangan dilebih-lebihkan atau berpura-pura, sehingga tidak menipu calon pembeli. Akan lebih bagus juga kalau Anda melengkapinya dengan screenshot testimoni barang yang pernah anda jual.

Agar lebih bonafid, himpunlah sebagian testimoni penjualan barang/jasa anda di halaman website komersial anda, seperti contoh penjual sukses ini: bit.ly/2w5T78h

6. Pasang foto profil dan konten yang bagus

Masih suka posting barang dagangan dengan kualitas foto yang buruk? Atau photo profile facebook anda masih bergaya alay? Buang aja ke laut deh foto yang jelek kaya begitu!

Boro-boro calon pembelimu lanjut browsing di halaman Page Facebook anda, melihat foto barang dagangannya yang buram aja sudah pasti malas deh. Apalagi lihat foto profilnya, hadeuuh…bakalan pada gak yakin deh dengan performa anda! Mau beli barang jualan? Jangan mimpi deh…!!
Makanya, pasang foto profile yang normal dan sopan. Boleh bergaya asal tidak norak. Kalau perlu pakai jasa fotografer profesional utk membuat foto profil atau foto produk dagangan. Usahakan posting foto dengan kualitas gambar yang terang dengan sudut (angle) foto yang menawan dan tampak jelas.
Hal yang perlu menjadi perhatian utama adalah: memberi keterangan (spesifikasi) secara lengkap barang apa yang anda jual, sehingga dapat meminimalisir banyak pertanyaan yang tidak perlu dari konsumen.

7. Mengukur dan Mengevaluasi Kesuksesan

Ketika anda sudah memilih sarana sosial media yang tepat dan memiliki strategi merketing yang sesuai maka satu hal terpenting adalah mengukur kesukesan itu sendiri. Apakah dengan follower yang bertambah di facebook, twitter, instagram dengan puluhan ribu bahkan jutaan fans sudah membuat layanan jasa atau jualan anda menjadi sukses…?!?

Apa yang hendak anda tuju dalam hal ini, hanya brand awareness atau memang targetnya adalah sales (penjualan), ini perlu diperhatikan dari awal.  Kunci kesuksesan dalam sosial media adalah ketika sosmed tersebut membantu aktifitas online anda mencapai tahap-tahap tujuannya apakah memang hanya sekedar awareness saja dengan banyaknya COMMENT / LIKE saja atau berimbas pada larisnya penjualan barang dagangan.

Ukuran suksesnya promosi adalah dengan banyaknya sales closing alias penjualan barang. Ramainya COMMENT atau LIKE di Facebook PAGE tidak menjamin pada larisnya barang dagangan. Sebaliknya pula, PAGE yang sepi dengan LIKE atau COMMENT tidak otomatis berimplikasi pada sepinya penjualan.

Mengapa, koq bisa…?!?

Bisa jadi FAN PAGE-nya sudah berkualitas tinggi kontennya, copywriting-nya menawan, barang dagangannya berkualitas, atau Review-nya bintang 4-5 semua. Jadi, sudah pasti penjualnya terpercaya banget tuh (Recommended Seller), dan calon konsumennya kebanyakan dapat dipastikan LANGSUNG ACTION membeli barang jualannya!

 

Nah, bagaimana dengan penjualan anda: SUDAH BOOMING SALE atau BELUM…?!?


#carapromosi #carajualandifacebook #facebook #fanpage #sosialmedia #tutorialbisnis #strategimarketing #barangdagangan #caradagang


Print Friendly, PDF & Email

Related Post:

About Novaro

Aktif di Bisnis Percetakan - JUAL BELI Mesin Cetak - Viral Merketing - Graphic Design dan Website Developing. Lihat Profilku...
Tagged barang dagangan, bisnis online, bisnis online di facebook, cara dagang, cara jualan di facebook, cara promosi, facebook, fan page, manfaat fanpage facebook, sosial media, strategi marketing, tips bisnis, tutorial bisnis. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + five =