Cetak Kertas Suara PILKADA DKI Jakarta

Proses cetak kertas suara Pilkada DKI 2012 di Percetakan Balai Pustaka menggunakan mesin cetak koran (web offset machine) Goss Community. Kertas suara yang dilipat horizontal tiga kali dan tiga kali vertikal. Di sisi belakang kertas suara terpasang hologram, keterangan TPS, dan peta Jakarta. Sedangkan di sisi depan terpasang wajah enam pasangan calon. 

 Kertas suara Pilkada DKI

Simak info bisnis terbaru KPU DKI Jakarta: proses cetak kertas suara Pilkada DKI 2012 putaran pertama dan kedua tersebut…

Kertas suara dan kartu pemilih tengah dicetak oleh PT Balai Pustaka, perusahaan percetakan yang memenangi lelang pengadaan. Jumlah kartu pemilih menurut KPU (Komisi Pemilihan Umum) DKI Jakarta sebanyak 6.983.692 dan 7.158.284 lembar kertas suara.

Jenis kertas cetak yang dipakai untuk kertas suara pilkada dipilih dari jenis kertas security printing, tinta cetak juga dari kategori security printing pula. Dengan ditambah beberapa feature security printing seperti cetak hologram dan tinta cetak invisible ink (hanya terlihat bila menggunakan alat pemancar sinar ultraviolet, biasa dipakai pihak bank saat menguji keaslian uang) yang mana suatu warna akan berpendar di bawah sinar ultra violet serta anti copy/duplikat.

Mesin cetak koran (web offset machine) Goss Community.

Mesin cetak web offset Goss Community selain digunakan untuk mencetak kertas suara pilkada DKI Jakarta, Pemilu ataupun Pilpres, mesin ini juga bisa untuk digunakan sebagai mesin cetak koran, tabloid, majalah, lks (lembar kerja siswa), dll.

Mesin cetak koran web Goss Community pasti banyak digunakan juga untuk mencetak kertas suara pemilih dalam pilpre 2014 mendatang. Jangan heran, info bisnis terbaru seputar pemilihan presiden (pilpres) tahun 2014 bakal banyak pihak yang berharap mendapat keuntungan dari order pencetakan kertas suara pilpres 2014 tsb. Who knows…?!?

Cetak Kertas Suara PILKADA JAKARTA

Contoh Kertas Suara Pilkada DKI 2012

Contoh Kertas Suara Pilkada DKI 2012

Web Goss Community | Color Control Panel

Web Goss Community | Color Control Panel

Soal surat suara putaran kedua, lanjutnya, pihak KPU DKI Jakarta bakal mencetak surat suara yang jauh berbeda dengan surat suara di putaran pertama. Perbedaan contoh kertas suara pilkada itu lantaran di putaran kedua pemilukada hanya ada dua pasangan calgub yang tertera di lembaran surat suara.

Kita akan mencetak surat suara yang baru untuk putaran kedua nanti. Yang tertera di surat suara putaran kedua, hanya dua pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak. Sehingga tentu berbeda dari surat suara putaran pertama,” jelas Sumarno, Ketua Pokja sosialisasi pemungutan dan penghitungan suara KPU DKI Jakarta.

*** Update cetak kertas suara pilkada DKI Jakarta putaran kedua:

suaramerdeka.com | 20 Juli 2012:

  • Dana yang dianggarkan untuk Pilkada DKI putaran ke dua ternyata tidaklah sedikit. Menurut Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Sosialisasi, Pemungutan dan Perhitungan Suara Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta (KPU DKI), Sumarno, anggaran dana untuk putaran kedua Pemilihan Kepala DKI Jakarta (Pilkada DKI) sebesar Rp 58 miliar.

VIVAnews | 23 Juli 2012 :

  • Ketua Kelompok Kerja Pendataan Pemilih KPU DKI Jakarta, Aminullah mengatakan, pencetakan surat suara harus disesuaikan dengan DPT. Karena itu, untuk menyesuaikan waktu, pendataan terhadap pemilih baru akan dilakukan pada 25-29 Juli, sambil menunggu rekap dari tiap wilayah. “Pencetakan surat suara menunggu berapa jumlah (DPT) pastinya,” kata Aminullah, di Jakarta, Senin, 23 Juli 2012.Aminullah menuturkan, pencetakan surat suara harus segera dilakukan, sebab pada putaran kedua ini berbarengan dengan puasa dan Lebaran. Massa aktif kerja di tempat percetakan menjadi pertimbangan sendiri. “Masa Lebaran biasanya pabrik atau perusahaan banyak yang tutup dan karyawannya berkurang. Kami harus pertimbangkan itu,” ujarnya.
  • Sementara untuk bilik suara, KPU DKI akan menggunakan bilik pada pemungutan suara pada putaran pertama 11 Juli yang lalu. Sementara untuk kotak suara akan disiapkan oleh KPU Kota/Kabupaten. Jumlahnya disesuaikan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).“Tidak ada lelang lagi untuk tinta. Pemenang lelang yang lalu kami lanjutkan karena aturannya memang begitu, agar tidak memakan waktu.  Butuh waktu lama untuk lelang. Nanti ada keterlambatan bila harus lelang,” katanya. KPU DKI yakin pada 5 September mendatang semua logistik Pilkada sudah siap. Baik pada tingkat kota maupun kabupaten. Setelah itu, logistik akan disortir dan didistribusikan ke tingkat TPS. Dijadwalkan pemungutan pada 20 Sepetember 2012 mendatang.

 


Video demo mesin cetak koran (web offset machine) Goss Community utk cetak kertas suara:

httpv://www.youtube.com/watch?v=Zyg6oyEPsUg


Anda berminat membeli mesin cetak koran…?!? ORDER TO : NOVARO


 

Print Friendly

Related Post:

About Novaro

Aktif di Bisnis Percetakan - JUAL BELI Mesin Cetak - Viral Merketing - Graphic Design dan Website Developing. Lihat Profilku...
Tagged contoh kertas suara pilkada, goss community, kartu pemilih, kertas suara pemilu, kertas suara pilkada dki, kertas suara pilpres, kpu dki jakarta, kpu jakarta, majalah, mesin cetak koran, mesin cetak offset, pilpres 2014, security printing, tabloid, video demo, web offset machine. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 17 =