Kertas Art Paper: Kelebihan dan Kekurangannya

Kertas Art Paper, apa sih kelebihannya dibanding kertas HVS atau kertas lainnya utk mencetak produk cetakan…?!?

kertas art paper

Simak kelebihan dan kekurangan kertas art paper dalam dunia bisnis percetakan

Antara kertas Art Paper dengan kertas HVS keduanya bagus untuk brosur. Namun kenyataaannya lebih banyak orang memilih menggunakan kertas Art Paper untuk keperluan promosi dibanding menggunakan kertas HVS.

Mengapa demikian?

3 alasan mengapa kertas art paper lebih banyak digunakan untuk brosur daripada memakai kertas HVS.

kertas art paper

Kertas Art Paper

1. Art Paper Memberi Kesan Mewah
Memang bicara selera setiap orang pasti berbeda. Namun berkaitan dengan pencitraan, banyak orang lebih memilih tampilan yang lux dan terkesan mewah. Kesan tersebut bisa didapatkan ketika menggunakan kertas Art Paper karena sifat permukaannya yang glossy. Apalagi setelah dicetak, brosur bisa juga di-laminating atau di-varnish maka efek glossy akan semakin menonjol.

Karena mengkilap dan licin, orang lebih mudah mendapatkan kesan bahwa brosur art paper tersebut mahal. Jika brosurnya mahal, berarti yang punya brosur adalah perusahaan bonafid. Dan jika perusahaannya bonafid tentu saja produknya adalah produk bagus dan layak dibeli. Begitulah kira-kira logika pencintraannya.

Sehingga meskipun harga kertas art paper  lebih mahal dibandingkan dengan harga kertas HVS, orang  tetap cenderung memilih kertas art paper – untuk penggunaan cetak brosur, cetak kalender murah, cetak map, cetak cover buku, dll.

2. Hasil Cetak Art Paper Lebih Cerah Warnanya
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa warna tinta cetak tampak lebih cerah jika menempel dipermukaan kertas art paper. Hal ini bisa terjadi karena kertas art paper pori-porinya lebih rapat dan permukaannya mengkilap sehingga daya serap lebih merata.

Bahan kimia yang dimiliki oleh kertas art paper juga mempengaruhi derajat kecerahan warna. Terlebih lagi, jika brosur dari kertas art paper dilapisi varnish atau laminating glossy, tentunya akan tampak semakin indah dan berkesan mewah.

3. Daya Tahan Art Paper Lebih Kuat
Secara fisik, kertas art paper memang lebih kuat dibanding dengan kertas HVS. Sehingga untuk keperluan promosi orang cenderung memilih yang lebih kuat dan tahan lama. Apalagi bentuk promosi luar ruang seperti poster dan leaflet yang pastinya akan bertarung dengan cuaca dan kelembaban lingkungan.

Di dunia bisnis kertas, pencitraan oleh pabrik kertas art paper cenderung lebih ditinggikan kelasnya. Di toko kertas di Jakarta, jual kertas art paper lebih tinggi permintaannya dibandingkan jenis kertas lainnya yang tersedia, walaupun harga kertas art paper agak mahal…

Itulah 3 alasan utama, mengapa pelaku bisnis percetakan cenderung menggunakan kertas art paper untuk membuat brosur. Mungkin juga ada alasan lain selain ketiga alasan yang tersebut diatas.

Selamat mencetak brosur yang bagus dan menawan!


Sumbangan artikel dari:

infopercetakan.com

Print Friendly, PDF & Email

Related Post:

About Novaro

Aktif di Bisnis Percetakan - JUAL BELI Mesin Cetak - Viral Merketing - Graphic Design dan Website Developing. Lihat Profilku...
Tagged artpaper, bisnis kertas, bisnis percetakan, brosur, harga kertas art paper, jual kertas, kertas art paper, kertas hvs, toko kertas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − two =