Usaha Kecil Menengah (UKM) VS Media Sosial


Usaha kecil menengah atau UKM di Indonesia memang membutuhkan riset bisnis tersendiri utk lebih meningkatkan peluang bisnis, manajemen mutu, pengembangan / diversivikasi usaha serta promosi penjualan, khususnya melalui media sosial.

Usaha kecil menengah (UKM) Sukses di Indonesia

Nah, bagaimana peran media sosial sebagaio sarana cara sukses usaha kecil menengah di Indonesia ? Simaklah info bisnis terbaru UKM di Indonesia

Cara Promosi UKM via Media Sosial

Penggunaan media sosial (situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dll) ini membutuhkan penanganan khusus agar fungsinya dapat digunakan secara efektif. Keahlian yang dibutuhkan secara tepat dapat menangani penggunaan media sosial adalah dengan cara teknologi interaktif dan cara pemasaran yang tepat sasaran…

Bisnis UKM atau usaha kecil menengah, dewasa ini penggunaan media sosial (situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Digg, dll) sudah dapat dilakukan secara do-it-yourself. Ini merupakan indikasi bahwa unit UKM pun telah mempunyai pengetahuan yang cukup untuk menjalankan bisnisnya dan mengembangan manajemen mutu ukm walau tergolong bisnis kecil tanpa harus seluruhnya dibantu oleh pihak pemberi dana swasta maupun pemerintah.

Permasalahan sebenarnya bukan terletak pada pengetahuan menggunakan alat pemasaran yang ada, tetapi terhambat pada kurangnya biaya (modal),  sumber daya manusia, manajemen mutu ukm serta keunggulan fasilitas yang ada untuk dapat terus bersaing secara global.

Kendala UKM di Indonesia

Kendala bisnis UKM biasanya terletak pada tidak adanya cukup dana untuk mengembangkan media sosial agar mencapai kapasitas yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis ukm yang dirintis oleh unit usaha kecil menengah.

Kendala UKM lainnya adalah tidak tersedia cukup waktu untuk mengerahkan sumber daya manusia yang tersedia untuk mempercepat proses penggunaan teknologi interaktif dalam memasarkan produk barang dan jasa yang ditawarkan. Sumber info bisnis terbaru sektor ukm amat sulit didapat sebagai bahan pengembangan bisnis ukm dengan aneka ragam diversifikasi bisnis.

Lihat Juga:  Booming Sale via Facebook Advertising

Riset Pemasaran Bisnis UKM

Untuk mencari celah agar kendala bisnis ukm tersebut dapat diatasi, dilakukan sebuah riset pemasaran (studi) terhadap masalah – masalah yang dihadapi oleh unit UKM dalam penggunaan alat marketing media sosial dan dilakukan riset pemasaran.

Cara Bisnis Usaha Kecil Menengah

Cara Bisnis Usaha Kecil Menengah

Studi ini telah dilakukan oleh Penny Power dari Ecademy, Fast Future Research dan Social Networking Entrepreneur. Hasilnya, sang PathFinder telah menemukan bahwa ada korelasi antara kebutuhan pekerjaan yang tengah dicari oleh para kaum muda dengan kebutuhan pengembangan bisnis ukm berdasar kemampuan penggunaan alat digital setiap individu.

Lebih tegasnya, dapat dikatakan bahwa generasi muda memang lebih akrab dengan teknologi digital. Korelasi ini dilihat dapat menjadi potensi besar yang dapat dikembangkan untuk menjadikan keahlian dan kebutuhan pengembangan bisnis ukm tersebut dapat dihubungkan dan dikembangkan menjadi unit UKM untuk memberdayakan keahlian para generasi muda tersebut.

Terbukti bahwa media sosial (situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Digg, dll) sebagai sumber info bisnis terbaru secara online, dapat meningkatkan manajemen mutu bisnis UKM menjadi usaha kecil menengah yang sukses.

Print Friendly

About Novaro

Aktif di Bisnis Percetakan - JUAL BELI Mesin Cetak - Viral Merketing - Graphic Design dan Website Developing. Lihat Profilku...
Tagged bisnis ukm, facebook, info bisnis terbaru, jejaring sosial, kendala ukm, kendala ukm di indonesia, manajemen mutu, media sosial, peluang bisnis ukm, pengembangan bisns ukm, peningkatan mutu bisnis, riset bisnis, situs jejaring sosial, twitter, ukm, ukm indonesia, usaha kecil, usaha kecil menengah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*